Milestones: Habibi 1 Month

Time flies, ga kerasa Habibi udah 1 bulan. Alhamdulillah. Masa 1 bulan ini penuh haru biru suka duka banget buat si ibu newbie. Masa-masa insomnia. Masa-masa long distance marriage. Anaknya apik banget, pipis-nangis-minta netek-bobo, pup-nangis-minta netek-bobo. Siklusnya selalu seperti itu.

Alhamdulillah selama 1 bulan ini Habibi ga rewel. Umur 3 hari dia udah melakukan perjalanan jauh dari Jakarta ke Majalengka hihi. Setelah diimunisasi pun dia ga demam atau rewel. Paling seringnya Habibi minta netek bisa lama banget, sampe kadang ibunya kewalahan. Ketiduran pas mengASIhi, kesemutan, sakit punggung, puting lecet, sampe susah bangun buat mindahin Habibi pas tidur abis netek. Seru deh pokoknya!

Nah, milestone bayi 1 bulan berdasarkan buku KIA dan referensi dari internet itu sebagai berikut:

1. Menatap ke ibu
Habibi baru lihat ke ibunya menjelang usia 1 bulan ini, itu juga kalau lagi netek dan jarang. Seringnya cuek bebek aja.

2. Mengeluarkan suara “oooo” / “aaaaa”

Belum terlalu jelas sih bilang ooo atau aaa nya, tapi udah mulai “alewoh” sendiri.

3. Menggerakan kaki dan tangan secara aktif

Ini bener banget, pas ganti celana nendang-nendang, pas netek kalau udah kenyang tangannya suka dorong ibunya. Atau kalau ditidurin kaki sama tangannya gamau diem.

4. Kepala menoleh ke kanan dan ke kiri

Kalau mau disun pasti dia menoleh ke kanan dan ke kiri, gamau disun wkwk. Kalau lagi ditidurin juga gamau diem noleh noleh terus.

5. Bereaksi terhadap bunyi

Belum terlalu bereaksi sih kayanya. Kalau lagi anteng, ibunya tepuk tangan dia ga nyari sumber suaranya. Tapi kalau lagi rewel, terus dinyanyiin shalawat nariyah seringnya langsung diem dan anteng.

6. Bisa melihat pola hitam putih

Habibi suka banget liatin pintu sama lemari yang warnanya coklat. Sampe ga ngedip-ngedip, fokus banget dan lama.

7. Tersenyum dan tertawa

Habibi pertama kali senyum itu usia 1 minggu. Tapi bukan karena ngerespon orang, dia senyum sendiri tanpa sebab (seringnya smirking hahaha). Tapi belakangan kalau opanya lagi ngajak dia ngobrol, Habibi suka mulai senyum. Habibi mulai tertawa pas masuk usia 4 minggu. Tapi jarang.

8. Mengangkat kepala

Kalau lagi mandi, ditengkurepin pasti dia ngangkat kepalanya. Atau kalau lagi ditimang juga kadang kepalanya ngangkat sampe bikin kaget takut jatuh. Pas dibedong juga dia suka ngangkat kepala karena ga betah jadi gerak kaya duyung xoxo

Perkembangan lainnya, Habibi suka mainin ludah dari usia 1 hari, mungkin lapar kali ya karena ASI baru keluar di hari ke-3. Udah mulai suka ngemutin sarung tangannya, pegangan ke ember kalau lagi ditengkurepin pas mandi atau pas netek, bisa mimik ASI pake sendok.

Untuk perkembangan fisiknya, tepat 30 hari diimunisasi di posyandu.

Berat badannya: 4 kg

Tinggi badannya: 50 cm

Alhamdulillah ‘ala Kulli Hal. Selamat satu bulan ya, anakku sayang! Semoga Habibi sehat terus 😘

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s