Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta

Salah satu tempat yang selalu menarik untuk dikunjungi adalah perpustakaan. Siapa sangka wisata perpustakaan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta salah satunya.

image

Perpustakaan ini terdiri dari 4 lantai.

1. Ground
Begitu memasuki pintu, kita akan disambut oleh security, dan kita dipersilahkan untuk mengisi buku pengunjung. Uniknya, selain cara manual, di sini juga bisa mengisi buku tamu dengan cara menscanning kartu anggota saja. Praktis dan ga ribet.

Lantai satu ini tak ubahnya sebuah gallery lukisan. Setelah memasuki ruangan pertama, di ruangan kedua, ada tempat untuk pembuatan kartu anggota, dan peminjaman/pengembalian buku.
Untuk menjadi anggota perpustakaan, kita diwajibkan memiliki KTP Jakarta atau menyerahkan surat keterangan yang menyatakan bahwa kita bekerja di Jakarta. Difoto langsung di sana, walaupun saya sudah membawa foto ukuran yang ditentukan tapi pihak perpustakaan lebih menyarankan untuk foto langsung.

image

Sebelum memasuki ruangan lain, kita diwajibkan untuk menyimpan tas dan barang-barang lainnya di dalam loker, kecuali untuk barang berharga seperti handphone, dompet, dll bisa dibawa dengan menggunakan tas transparan yang disediakan pihak perpustakaan, kita cukup menitipkan ktp.

image

Akses masing-masing lantai bisa dengan menggunakan tangga ataupun lift, enak kan?

2. Lantai satu – untuk Mereka yang Berjiwa Muda
Di lantai satu ini terdapat banyak sekali koleksi buku, beragam genre dan bidang. Koleksinya masih terbatas, tapi lumayan bagus sih.
Di sini juga disediakan komputer tapi saya tidak tahu bagaimana cara memakainya, soalnya ketika berusaha menghidupkan komputer, tidak ada CPU nya😀

image

Terdapat juga karpet untuk lesehan, biasanya banyak komunitas yang berdiskusi di sini.

Untuk buku yang sudah dibaca tidak perlu dikembali ke rak buku cukup disimpan di dropper yang berada tidak jauh dari rak buku. Mungkin supaya tidak berantakan kali ya.

3. Lantai dua – Playground
Jadi perpustakaan ini disediakan khusus untuk menjadi arena bermain dan belajar anak, terdapat berbagai macam permainan yang bisa melatih motorik dan kecerdasan anak. Ada juga banyak buku cerita anak-anak.
Untuk bermain di sini, sebaiknya anak-anak memakai kaos kaki.

image

image

4. Lantai tiga – Journals dan Karya Ilmiah
Di lantai tiga ini banyak bacaan berat cocok sekali untuk yang sedang mengerjakan tugas akhir, skripsi, thesis dan semacamnya. Tapi masih bisa dijumpai bacaan seperti resep masakan, majalah, koran, ensiklopedia, dll.

image

Waktu peminjaman

Waktu peminjaman umumnya 2 minggu dengan batas maksimal 2 buku. Dan jika ingin diperpanjang bisa by call. Tidak dipungut sepeser pun untuk peminjaman buku.

image

Pengembalian buku

Pengembalian buku bisa langsung ke perpustakaan yakni melalui alat, pertama scanning kartu anggota, kemudian ikuti menu yang terdapat dalam mesin.

Atau pengembalian juga bisa melalui Anjungan Pengembalian Buku Mandiri yang tersedia 24 jam, jadi walaupun perpustakaannya tutup kita masih bisa mengembalikan buku karena letaknya juga di depan perpustakaan.

Fasilitas lain

Toilet dan mushola di masing-masing lantai.
Mesin pencari yang memudahkan kita mencari buku yang diinginkan. Cukup mengetik keyword penulis atau judul bukunya.

Jam operasional
Senin-Jumat 09.00 – 20.00 WIB
Sabtu-Minggu 09.00-18.00 WIB

Alamat
Perpustakaan milik Pemprov DKI ini berada di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl Raya Cikini, Jakarta Pusat, tepat di samping Planetarium.

Cara Menuju Ke Perpumda DKI Jakarta
Akses cepat dan mudah dengan menggunakan taksi atau Ojek yang bisa diorder.
Saya berangkat dari stasiun kota menggunakan krl dan berhenti di stasiun Cikini. Berjalan sekitar 750 meter ke arah kiri. Lumayan lelah, tapi sepertinya budaya jalan kaki cukup melekat di daerah sini.

Semoga dengan semakin menyenangkannya suasana perpustakaan, meningkat juga minat baca warga Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s