NPWP sebagai kado ulang tahun

Tanggal 10 Juni 2015 yang lalu saya membuat surat permohonan pendaftaran NPWP online. Dan hari ini saya baru mendapat konfirmasi via email. Tapi sayangnya statusnya: DITOLAK.

Permohonan ditolak karena ada kesalahan input NIK. Setelah mendapat clue tersebut meluncurlah saya ke akun di ereg.pajak.go.id, mengeditnya dan mengirim kembali surat permohonan. Tidak mau menunggu lama, saya pun langsung mendatangi KPPnya yang berada di bilangan Ancol. KPP Pratama Jakarta Pluit Jl. Lodan, Ancol. Naik motor sendirian, masih asing dengan rute jalanan di ibukota, nyasar ke sana kemari mengikuti petunjuk warga awam.

Alhamdulillah walaupun di perjalanan banyak sekali aral melintang, berseteru dengan mobil beroda sembilan yang tak cuma satu dua akhirnya bisa sampai juga di kantor pajak. Melewati universitas Bunda Mulia yang tidak terlalu aku perhatikan, dan tepat di samping panin bank kantor tersebut berada.

Bertanya kepada bagian informasi di sana. Untuk pendaftaran npwp tidak perlu mengambil antrian, cukup datang ke loket 1 atau 2. Karena loket 1 tutup, maka aku pun mendatangi loket dua. Terhelat oleh seorang direktur, tibalah juga giliranku. Awalnya mbanya berkata untuk pendaftaran npwp sudah ditutup. Tapi saya berkata sudah daftar online. Maka beliau pun meminjam ktp saya. Dan segera berseru, “Ini kan yang tadi sudah ditolak”. Saya terbahak malu, segera menimpali, “sudah diedit, mba.” Lantas obrolan ringan pun dimulai.

Wah mbanya ulang tahun hari ini. Bawa kue ga mba? Ini ditolak kalau ga bawa kue.

Mba ko ulang tahun bukannya cari kue malah bikin npwp.

Dan masih sederet bercandaan lainnya. Orangnya menyenangkan. Bahkan setelah saya mengamati, beliau pun fleksibel, ketika menghadapi sang dirut yang bergaya betawi, beliau pun bertingkah layaknya orang betawi. Lucu.

Setelah menginput A, B, dan lain lain. Akhirnya saya diberi fotokopian npwp. Serta bukti penerimaan elektronik yang dikirimkan via email. Sedangkan untuk SKT dan kartu NPWP fisiknya dikirimkan maksimal sebulan lagi ke tempat domisili. Jika dalam sebulan masih belum ada, maka saya yang harus datang ke kantornya lagi.

Alhamdulillah masalah perpajakan ini selesai. Besok hanya tinggal mengurusnya dengan BM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s