Kebun Teh Majalengka Sensasi Lembang

Di sini rumah kita
Yang terindah di dunia
Tanah yang merdeka, Negeri Indonesia
Karena ku tahu di sini ada cinta
Yang kan ku jaga selamanya
(Twentyfirst Night, Selamanya Indonesia)

2014-09-07 15.06.17

Majalengka Menawan, tagline yang tepat untuk menggambarkan kecantikan Majalengka. Majalengka selain merupakan kabupaten yang identik dengan kecap dan anginnya yang aduhai, ternyata memiliki objek wisata menarik yang sayang kalau dilewatkan. Salah satunya adalah panorama perkebunan teh.

Majalengka Menawan

Majalengka Menawan

Bagaimana cara menuju ke lokasi kebun teh ini?

Perkebunan teh ini terletak di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih Majalengka. Menurut informasi dari web Kabupaten Majalengka, letaknya sekitar 59 Km dari pusat kabupaten Majalengka, berarti sekitar 74 Km dari Kasokandel (Desaku tercinta). Alurnya dari Pusat Majalengka – Maja – Bantarujeg – pas polsek Bantarujeg belok kiri – Desa Lemah Putih (cirinya ada warung sate Citra Buana belok kiri) – Borogojol – Cipasung – jalan terus sampai ada sebuah tanjakan yang berujung pada dua jalur, nah ambil jalur kanan.

Pemandangan Sepanjang  Perjalanan Menuju Kebun Teh

Pemandangan Sepanjang Perjalanan Menuju Kebun Teh

Perjalanan menuju kebun teh ini sangat memakan waktu, kami yang berangkat pukul 11 dari Kasokandel, baru sampai di lokasi sekitar jam 14.00 (sebenarnya bisa lebih cepat kalau tidak nyasar dan foto-foto di jalan). Tapi dijamin anda tidak akan menyesal karena sepanjang perjalanan, mata anda akan dimanjakan oleh tanaman-tanaman hijau dan cuaca yang sejuk, jalanannya pun enak.

Apakah Tempat Wisata ini Gratis?

Kebun teh dengan luas ±58 Ha ini dikelola oleh Koperasi Buana Mukti dan untuk masuk ke sini kita dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 2.500,- per orang (parkir gratis).

Apa ada tempat parkir?

Berhubung kami yang baru pertama kali datang ke sini, jadi awalnya bingung mencari tempat parkir. Anda hanya perlu mengikuti jalan setapak sampai bertemu dengan warung pertama, nanti akan ada banyak motor pengunjung lain yang terparkir di sana dan orang yang memberikan tiket. Sebenarnya motor boleh dibawa naik ke atas selama anda yakin dengan keselamatan anda.

Apa saja fasilitas yang kita dapatkan di Kebun Teh ini?

Selain panorama perkebunan teh yang sejuk (walaupun tengah hari tetap sejuk), hijau, di sini juga ada warung yang menjual makanan-makanan ringan dan minuman, jadi anda tidak perlu takut kelaparan. Ada juga mushola kecil yang bersih.

Suasana Perkebunan Teh Cipasung

Suasana Perkebunan Teh Cipasung

Menikmati secangkir kopi dan jalakotek (perbekalan sendiri) dengan disuguhi pemandangan cantik, angin yang berhembus ramah, bersama dengan orang tercinta, merupakan sensasi tersendiri yang membuat anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Bercengkrama dengan alam

Bercengkrama dengan alam

Saran sebelum menuju ke perkebunan teh:

1. Naiklah kendaraan beroda dua. Pastikan kendaraan tersebut dalam keadaan prima. Usahakan jangan naik motor tua :p pengalaman kami memakai motor bebek s*pra eks benar-benar engap, jalannya ngos-ngosan karena medannya berkelok-kelok dan naik turun (daerah sekitar Maja – Lemahsugih), pastikan ban kendaraan anda tidak gundul, karena jalanan di sekitar tempat wisata masih kurang bagus.

Kondisi Jalan di Perkebunan Teh Cipasung

Kondisi Jalan di Perkebunan Teh Cipasung

2. Datanglah ramai-ramai, khususnya buat anda yang single, di sini bukan tempat yang pas untuk menggalau, karena yang datang ke tempat ini rata-rata kek sandal jepit, pasangan semua, otomatis anda akan bertambah galau :p

Sandal Jepit

Sandal Jepit

3. Jika anda berdomisili jauh dari tempat ini, usahakan datang pagi-pagi. Selain untuk keamanan (perumahan masih jarang), juga untuk mendapatkan view yang maksimal dari tempat wisata ini.

Suasana Perjalanan Pulang

Suasana Perjalanan Pulang

Note:
1.Dokumentasi berupa gambar hanya sedikit, hal tersebut ditujukan agar anda merasa penasaran dan datang langsung ke TKP.
2.Dokumentasi berupa gambar diambil oleh amatir menggunakan kamera hp sungsang lil’g dengan sedikit sentuhan sotosop. (ada juga yang diambil dalam keadaan bergerak di atas motor).
3.Model bernama Ari Rinaldi Iskandar :p

perjalanan pulang

Referensi:
Web Pemerintah Kabupaten Majalengka

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s