LDKM 2012 ANALIS KESEHATAN

LDKM atau Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa merupakan tugas angkatan yang dilimpahkan kepada mahasiswa tingkat 2 jurusan Analis Kesehatan. LDKM 2012 dilaksanakan di Cikole, Lembang, pada 9-11 November 2012. Acara Ini bertujuan untuk:
1. Melatih kecakapan, kekompakan, kecepat tanggapan angkatan 28.
2. Meningkatkan nilai solidaritas angkatan 28.
3. Membentuk pribadiyang memiliki nilai etika yang baik.
4. Menciptakan suasana yang harmonis antara angkatan 27 dan 28.
5. Melatih kepemimpinan guna kaderisasi organisasi di kampus analis kesehatan maupun di luar.
6. Membangun sikap kritis dan bertanggungjawab.

Acara dilaksanakan selama tiga hari, hari pertama dilaksanakan di kampus analis kesehatan yang merupakan pra-LDKM. Acara diisi dengan post to post, latihan PBB, dan simulasi organisasi, dan lain-lain. Hari kedua dan ketiga adalah terjun langsung ke lapangan.

Acara LDKM tahun ini dikemas dengan konsep yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pertama, dari tempat, sudah menjadi tradisi, Poltekkes Kemenkes Bandung, khususnya Analis Kesehatan selalu mengadakan acara LDKM di Rancaupas, Ciwidey. Tapi angkatan 27 sebagai panitia mematahkan tradisi tersebut dengan memilih tempat di Cikole, Lembang. Tempatnya tidak jauh berbeda, tempat ini juga merupakan area wisata, namun ketika survey, kami harus membuat jalur sendiri untuk melaksanakan post to post.

Kemudian dari konsep acara, umumnya stretching pada malam hari selalu merupakan puncak meningkatnya adrenalin yang kilahnya demi pembentukan karakter peserta diklat. Tapi kami, membuatnya terkesan formal, puncak adrenalin terjadi ketika di lapangan, apalagi pos alumni, pos hura-hura tapi paling mengerikan, pos yang selalu membuat tawa tapi miris dan membuat para peserta diklat tertampar (pengalaman ketika didiklat). 27 membuat malam terakhir tersebut menjadi malam muhasabah, semua peserta dikumpulkan di lapangan membentuk sebuah lingkaran dengan ketua dan wakil angkatan di tengah sebagai juru bicara. Ajang tersebut digunakan untuk evaluasi kegiatan selama LDKM berangsung dari mulai pra-acara. Dan semua kesalahan dilimpahkan kembali ke angkatan 28 dan konsekuensi yang sanggup mereka tanggung. Kemudian acara dilanjutkan dengan penetapan kakak dan adik asuh.

Indicator keberhasilan acara LDKM 2012 ini yaitu:
1. Dilihat dari antusias dari briefing acara pra-LDKM
2. Peserta mengerjakan lebih dari 90% tugas individu dan kelompok (kecepat tanggapan).
3. Angkatan mengerjakan 100% tugas angkatan (kekompakan)
4. Peserta menunjukan penigkatan attitude atau sikap pada kakak tingkat dan orang lain (5S terpenuhi)
5. Menunjukan sikap yang kritis tepat pada tempatnya.

Alhamdulillah dari teropong mata yang telanjang, mahasiswa baru umumnya memang selalu manja, tapi ketika LDKM ini mereka sepertinya benar-benar memantapkan hati untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan sepenuh hati. Menikmati setiap pergantian detik yang mungkin terasa bagaikan tarikan per, lambat dan berulang-ulang mendapat tekanan.

Terimakasih untuk angkatan 27 yang telah menyumbangkan tenaga, waktu, pikiran, dan juga materi demi terselenggaranya acara LDKM ini. Terimakasih karena tetap tabah walaupun terpanggang sinar matahari, dan diterpa hujan lebat sepanjang malam. Terimakasih karena mau berkontribusi untuk 27. Semoga kekompakan, silaturahmi, dan kehangatan kita selalu terjalin. Terimakasih keluarga baruku. Terimakasih 27🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s