Rahasia Kelahiran Bulan

Sebagai benda angkasa yang terdekat ke Bumi di angkasa yang luas, sejak dahulu bulan akrab dengan manusia. Apakah rahasia bulan?

BULAN SATELIT BUMI

Bulan itu satu-satunya satelit Bumi yang berputar mengelilingi Bumi dalam waktu 29 hari. Benda angkasa yang berputar mengelilingi planet seperti ini disebut satelit. Sedangkan satelit yang diluncurkan oleh manusia disebut satelit buatan.

Karena bulan berputar satu kali selagi mengedari Bumi dalam satu putaran, permukaan bulan yang terlihat dari bumi selalu sama. Sebenarnya 41% bagian bulan tidak terlihat. Sebelum LUNA 3 milik Uni Soviet (sekarang Rusia) mengirimkan foto bagian belakang bulan, ada yang beranggapan bahwa di balik bulan terdapat markas makhluk angkasa luar. Tanggal 21 Juli 1969, pesawat antariksa Apollo 11 milik Amerika mendarat di permukaan bulan dan melambangkan langkah manusia di bulan. Bulan itu benda angkasa pertama yang didatangi manusia.

Bulan bergaris tengah 3476 km, kira-kira ¼ bumi, bulan itu benda angkasa dengan persentase volume yang ringan dan bobotnya hanya 1/81 bobot bumi. Jarak dari bumi ke bulan kira-kira 384.400 km atau 30 kali garis tengah bumi. Gaya tarik bulan hanya 1/6 bumi. Tak ada udara dan perbedaan suhu siang dan malamnya sangat besar. Permukaannya di penuhi kawah yang dibuat oleh meteor.

Di permukaan bulan terdapat lautan datar, gunung atau bagian daratan lembah.

SIAPA SAJA KEPONAKAN BULAN?

Dilihat dari cara penyusutan unsure radioaktif yang terkandung dalam batuan bulan yang dibawa oleh antariksawan Apollo, dapat diketahui bahwa bulan lahir hampir bersamaan dengan bumi, yaitu 4600 juta tahun yang lalu. Kalau begitu bagaimanakah terjadinya bulan? Tidak diketahui dengan jelas. Ada banyak teori tentang bulan, misalnya teori orang tua dan anak, yang mengatakan bahwa bulan itu pecahan dari bumi. Teori saudara, yang mengatakan bahwa bulan dan bumi tercipta dalam tata suryadalam waktu yang hamper bersamaan. Teori orang lain, yang mengatakan bahwa bulan itu planet kecil yang tertarik oleh bumi. Penelitian masih terus dilanjutkan.

KAWAH DI PERMUKAAN BULAN

Baru-baru ini ada juga teori yang mengatakan bahwa bulan tercipta oleh kumpulan gas permukaan dan pecahan benda angkasa besar yang bertebaran pada saat menabrak bumi yang masih primitive, sebab banyak terdapat meteor pada waktu tata surya lahir. Beginilah kawah pada bulan (lekukan) tercipta oleh benturan meteor. Lubang yang tercipta pada waktu terjadi ledakan dahsyat akibat guncangan meteor yang menabrak permukaan bulan dengan kecepatan luar biasa, disebut kawah.

Kawah yang terbentuk oleh meteor yang besar akan menyebabkan daerah di sekitarnya retak dan membuat lahar  dari bawah tanah merembes keluar, sehingga tergenang rata. Itulah sebabnya kawah yang besar datar seperti nampan.

Di permukaan bulan terdapat kawah besar dan kawah kecil yang jumlahnya tak terhitung, bahkan ada yang bergaris tengah 230 km.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s