Drama yang Terjadi Antara Matahari, Bulan dan Bumi

Bumi mengelilingi matahari, dan bulan mengelilingi bumi. Mereka saling mempengaruhi dan menimbulkan berbagai gejala aneh.

BULAN DAN PASANG SURUT

Pasang surut terjadi karena gaya tarik bulan. Pada saat bulan berada tepat di atas air laut, permukaan laut akan meluap karena tertarik oleh gaya tarik bulan.

Di arah sebaliknya, permukaan laut juga meluap karena sebagian air laut agak ditarik oleh gaya tarik bulan. Ini disebut laut sedang pasang. Sedangkan air laut yang berada di antaranya menjadi berkurang. Ini disebut laut sedang surut. Beginilah pasang surut terjadi dua kalidalam sehari. Bukan hanya bulan, gaya tarik matahari pun menarik air laut di bumi. Tetapi karena matahari berada lebih jauh dari bulan, pengaruhnya terhadap pasang surut hanya setengahnya dari bulan.

Tergantung posisi matahari dan bulan, gaya tarik matahari dan bulan bisa bertumpuk atau saling menolak, sehingga berpengaruh pada pasang surut.

Pada waktu bulan baru, dan bulan purnama, air  pasang laut membesar, sedangkan pada waktu bulan terlihat separuh, air pasang laut mengecil.

Karena bumi berjarak 150 juta km dari matahari, sebagian besar cahaya matahari membentuk garis yang hampir sejajar.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GERHANA MATAHARI DAN GERHANA BULAN?

Bagian bulan yang terkena sinar matahari ketika mengelilingi bumi, selalu berubah jika dilihat dari bumi. Bulan terlihat seolah-olah mengembang dan menyusut. Sedangkan bagian yang tidak terkena cahaya tertutup oleh bayangan. Baik bumi maupun bulan tertutup oleh bayangan panjang berbentuk topi yang runcing. Pada waktu bulan yang mengelilingi bumi memasuki bayangan bumi, terjadilah gerhana bulan. Matahari, bumi dan bulan berderet di antara garis-garis yang sejajar.

Sebaliknya, jika bulan berada di antara matahari dan bumi dan menghalangi cahaya matahari, ini disebut gerhana matahari. Pada saat ini matahari, bumi dan bulan, berderet di antara garis-garis sejajar. Karena itu, gerhana matahari hanya terjadi pada waktubulan baru, dan gerhana bulan hanya terjadi pada waktu bulan purnama.

About these ads

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s